Sabtu, 30 April 2011

Pilih Kue Pernikahan

Upacara Pemotongan Kue
Salah satu tradisi yang masih berlaku hingga sekarang dalam sebuah upacara perkawinan adalah upacara pemotongan kue pengantin. Pemotongan kue melambangkan keputusan bersama yang pertama kali diambil pasangan pengantin di awal pernikahan/perkawinan mereka. Selain foto wedding, foto pre wedding, musik, kue pengantin merupakan hal yang sangat penting juga.

Upacara dilanjutkan dengan saling menyuapkan potongan pertama kue tersebut sebagai perlambang komitmen kepercayaan dan kepedulian terhadap pasangan satu sama lain. Menentukan jenis kue yang sesuai untuk sebuah pesta perkawinan, selain faktor tradisi, mempertimbangkan pula cita rasa, ukuran aneka cake dan unsur keindahan serta kesesuaian rancangan (estetika) dengan gaya pesta perkawinan yang diselenggarakan.

Indahnya Rancangan, Manisnya Cita Rasa
Rancangan kue pengantin dengan tampilan indah akan semakin sempurna bila dipenuhi dengan cita rasa lezat. Rancangan dalam membuat kue pengantin tersedia dalam model sederhana hingga tema tertentu. Kerumitan rancangan, teknik pembuatan dan ukuran akan mempengaruhi harga sebuah kue pengantin. Cita rasa khusus dapat pula mempengaruhi harga pembuatannya.

Sesuaikan ukuran kue pengantin dengan kebutuhan. Kue pengantin dapat berfungsi sebagai salah satu pilihan menu penutup dari rangkaian sajian dalam sebuah pesta perkawinan. Untuk itu perhitungkan jumlah tamu undangan yang perlu disuguhi, jenis dan jumlah sajian menu utama.

Sederhanakan rancangan kue pengantin
Lokasi resepsi turut mempengaruhi pilihan model rancangan kue pengantin. Sesuaikan kue pengantin dengan spesifikasi ruangan pesta, diantaranya dekorasi, tinggi, temperatur, tata cahaya, serta warna ruangan secara keseluruhan. Diperlukan koordinasi antara pembuat kue dengan jasa katering, dekorasi, penata bunga, pengelola ruangan dalam merencanakan kreasi kue pengantin serta pengantarannya.

Teknik penggunaan Styrofoam dengan kreasi khusus dapat dipilih dalam menekan biaya perancangan. Pemilihan aksesoris kue pengantin dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti bunga liar yang tumbuh bebas, adalah alternatif memperindah rancangan kue pengantin.

Lakukan pemesanan lebih awal
Harga bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan sebuah kue pengantin peka terhadap perubahan harga. Lakukan pemesanan mungkin ke toko kue lebih awal untuk menghindari kenaikan harga yang mempengaruhi kenaikan harga kue secara keseluruhan. Ada juga beberapa daftar restoran yang menyediakan jasa kue pengantin. Pemilihan rancangan aneka cake serta jenis cake dengan tema khusus memerlukan pemesanan lebih awal, sekitar tiga hingga empat bulan sebelum hari H. pemesanan pada pembuat kue yang popular atau memilih hari perkawinan pada “musim kawin”, juga memerlukan waktu pemesanan lebih awal.

Layaknya gaun pengantin, kue pengantin memiliki makna khusus dalam sebuah acara pesta perkawinan. Saat pisau dalam genggaman berdua mulai mengiris perlahan, sensai emosi kebahagiaan memenuhi perasaan kedua mempelai, keluarga, kerabat dan undangan. Upacara pemotongan kue pengantin mengawali babak kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga.

kanda dinda souvenir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar